17 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Tradisional dan Alami MANJUR

Posted on

Cara Mengatasi Gusi Bengkak – Pembengkakan yang terjadi pada gusi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan mulut yang tidak ringan. Meskipun dikatakan tidak ringan, namun gusi sering kali tidak mendapatkan perhatian khusus dibandingkan gigi dan mulut. Padahal jika gusi sudah mengalami pembengkakan akan mengganggu aktivitas kerja bagian lainnya seperti rasa skit saat mengunyah makanan, sakit gigi hingga bagian pipi yang terlihat membengkak.

Gusi bengkak termasuk hal yang sangat sering ditemui. Pembengkakan tersebut ditandai dengan pembesaran, menggelembung atau menonjolnya bagian gusi. Namun pada sebagian kasus gusi bengkak yang cukup besar kerap menutupi gigi.

Pada dasarnya gusi yang sehat tidak akan berdarah karena aktivitas menggosok gigi atau karena tersentuh. Gusi yang sehat berwarna merah muda, terasa kencang dan mampu menahan gigi dengan kuat. Pembengkakan gusi dapat terjadi pada siapa saja, tidak memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mengetahui tentang masalah gusi bengkak selanjutnya kita ketahui terlebih dahulu penyebab dan cara mengatasi gusi bengkak.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab umum yang sering terjadi karena masalah gusi bengkak adalah menumpuknya plak pada gigi. Plak tersebut umumnya terbentuk pada saat proses makan dan minum. Sisa-sisa makanan yang tertinggal dan tidak dibersihkan lambat laun akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi sehingga menyebabkan gusi membengkak. Plak juga mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gigi.

Selain menumpuknya plak gigi, penyebab gusi bengkak lainnya adalah karena gingivitis atau peradangan pada gusi, infeksi virus dan jamur, masa kehamilan, kekurangan gizi dan skorbut atau kondisi tubuh kekurangan vitamin C.

Penyebab lainnya karena pemasangan aksesoris gigi seperti gigi palsu dan pemasangan kawat gigi yang salah. Penggunaan pasta gigi atau cairan kumur juga menjadi penyebab pembengkakan pada gusi. Selain itu efek penggunaan obat-obatan seperti dilantin, fenobarbital, atau obat penghambat saluran kalsium menjadi salah satu penyebab pembengkakan pada gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

1. Cara mengobati gusi bengkak dengan mengetahui penyebabnya
Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengatasi gusi bengkak secara optimal.

2. Cara mengobati gusi bengkak dengan menjaga kebersihan gigi
Dengan memberikan perhatian khusus pada kebersihan gigi, anda akan terhindar dari pembengkakan gusi. Cara menjaga kesehatan gigi yaitu dengan rajin menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menghindari gusi dan gigi terluka. Gosok gigi secara pelan dengan arah melingkar. Bila perlu gunakan Flossing atau membersihkan gigi dengan benang khusus gigi. Berkumur setelah makan untuk membuang sisa makanan yang tidak terjangkan oleh sikat gigi. Jika diperlukan gunakan obat kumur dengan kualitas yang tinggi.

3. Cara mengobati gusi bengkak dengan Garam
Garam terbukti mujarab untuk mengobati sakit pada gusi. Kandungan sodium yang tinggi pada garam dapat digunakan untuk membasmi bakteri penyebab plak dan karang gigi. Garam dapat digunakan sebagai antiseptic alami untuk menjaga kesehatan mulut anda. Cara penggunaanya yaitu dengan menyediakan 2 sdm garam dan satu gelas air hangat. Campur dan aduk hingga larut. Gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur setiap kali anda selesai sikat gigi untuk membasmi bakteri pada gigi.

4. Cara mengobati gusi bengkak dengan Lemon
Kandungan asam pada lemon berfungsi sebagai alkali alami yang bekerja untuk menjaga keseimbangan kadar pH pada mulut. Lemon juga digunakan sebagai antiseptik alami yang juga efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Untuk mengobati gusi bengkak dengan lemon yaitu dengan memeras 1 buah lemon yang dicampurkan dengan segelas air hangat. Dan gunakan campuran tersebut untuk berkumur 3kali sehari untuk menghilangkan bakteri buruk pada mulut.

5. Cara mengobati gusi bengkak dengan Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki fungsi yang sama seperti lemon. Kandungan asamnya juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut dan menjaga kesehatan mulut. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan perasan 2 buah jeruk nipis kedalam satu gelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

6. Cara mengobati gusi bengkak dengan Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang juga baik untuk digunakan sebagai antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri pada mulut. Cara penggunaannya yaitu dengan menumbuk halus 2 buah belimbing wuluh yang belum matang lalu gunakan tumbukan belimbing wuluh untuk dioleskan pada bagian gigi yang sakit.

7. Cara mengobati gusi bengkak dengan Daun jambu biji
Daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu sebagai antibakteri yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu biji efektif untuk mengempeskan gusi yang begkak karena daun jambu biji mengansung antibakteri, anti inflamasi, dan analgesi yang kuat. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengunyah langsung daun jambu biji atau dengan merebus daun jambu biji lalu gunakan untuk berkumur.

8. Cara mengobati gusi bengkak dengan bawang merah
Kandungan antiseptic alami yang terdapat pada bawang merah terbukti efektif untuk membunuh kuman, hal tersebut juga berlaku untuk mengatasi pembengkakan pada gusi. Cara yang dilakukan yaitu dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan 1/4 garam lalu tempelkan pada gusi yang sakit.

9. Cara mengobati gusi bengkak dengan Bawang putih
Sama seperti bawang merah, bawang putih juga bekerja sebagai antiseptic alami untuk membunuh kuman. Cara yang dilakukan juga sama yaitu dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan 1/4 garam lalu oleskan pada gusi yang sakit.

10. Cara mengobati gusi bengkak dengan Biji Asam jawa
Biji asam jawa ternyata memiliki fungsi sebagai antiseptic alami yang baik juga digunakan untuk mengatasi kesehatan gigi. Cara yang dilakukan yaitu dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan biji asam jawa yang masih hangat pada bagian gusi yang sakit.

11. Cara mengobati gusi bengkak dengan Cengkeh
Cengkeh juga menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah pembengkakan pada gusi. Cara yang dilakukan yaitu dengan menumbuk halus cengkeh lalu tempelkan pada gusi yang bengkak.

12. Cara mengobati gusi bengkak dengan Merica
Cara mengobati gusi bengkak lainnya yaitu dengan menggunakan merica, merica mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Cara yang dilakukan yaitu dengan mencampur merica dan garam, lalu tuangkan sedikit air hingga terbentuk pasta lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

13. Cara mengobati gusi bengkak dengan Serai
Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak yaitu serai. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai yang telah dimemarkan dengan satu gelas air, rebus hingga tersisa setengah gelas lalu gunakan rebusan serai untuk berkumur.

14. Cara mengobati gusi bengkak dengan Jahe
Jahe memiliki kandungan antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri dalam mulut. Cara perawatannya yaitu dengan memarut 1 ruas jahe lalu peras airnya dan gunakan air perasan untuk berkumur.

15. Cara mengobati gusi bengkak dengan Kantung teh
Kandungan asam tannic yang terdapat pada kantung teh juga efektif untuk meringankan infeksi gusi dan iritasi yang menyebabkan gusi bengkak secara alami. Cara perawatannya cukup mudah yaitu dengan mencelupkan kantung teh kedalam air panas, lalu biarkan kantung teh menjadi dingin. Setelah itu tempelkan kantung teh ke bagian gusi yang bengkak selama kurleb 5 menit.

16. Cara mengobati gusi bengkak dengan madu alami
Salah satu penyebab gusi bengkak yaitu gingivitis atau peradangan pada gusi. Cara ampuh untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan madu alami. Caranya dengan mengoleskan madu kebagian gusi yang bengkak setelah anda menggosok gigi.

17. Cara mengobati gusi bengkak dengan Baking soda
Baking soda terbukti dapat digunakan untuk menetralisir asam yang ada dalam mulut. Karena inilah baking soda ampuh untuk mengobati gusi bengkak, penykit gusi dan kerusakan pada gigi. Cara yang dilakukan yaitu dengan melarutkan baking soda dengan air hangat hingga membentuk pasta lalu gunakan pasta sebagai olesan pada gusi yang bengkak.

Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati gusi bengkak secara tradisional dan alami. Untuk pengobatan tradisional, sebaiknya anda lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terimakasih semoga bermanfaat.